Deck crane memiliki batas maksimal safe working load (SWL) yaitu kekuatan maksimal suatu alat untuk mengangkat sebuah beban dengan keamanan yang telah diijinkan. Batasan maksimal beban muat pada deck crane menjadi acuan dalam mengangkat suatu beban yang dijadikan pedoman dalam proses bongkar muat. Kemampuan crane dalam mengangkat beban perlunya untuk dilakukan uji beban untuk mengetahui kebenaran batas maksimal dalam memuat suatu beban. Pengujian beban dilaksanakan untuk menanggulangi pengangkatan muatan atau barang yang melebihi batas maksimal yang dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian deck crane.
Rotating equipment atau Peralatan putar adalah suatu peralatan yang digunakan untuk memindahkan cairan, gas, dan yang lainnya dengan cara menggunakan energi kinetik. Jenis peralatan yang masuk sebagai peralatan putar adalah sebagai berikut : - pompa - compressor -Â turbin
Proses pengukuran dan pengecekan ulang kapasitas atau volume tangki kapal untuk memastikan bahwa hasil pengukuran tangki yang dilakukan secara rutin akurat dan sesuai dengan standar industri dan peraturan yang berlaku. Kegiatan ini mencakup persyaratan inspeksi/pengambilan dan perhitungan teknis volume tangki yang meliputi tangki cargo (Cargo Oil Tank), tangki bahan bakar (Fuel Oil Tank), Tangki ballast, tangki air tawar dan tangki independen lainnya, baik di kapal maupun di darat.
Offshore Pipeline atau Subsea Pipeline adalah sistem pipa khusus yang digunakan untuk mengangkut minyak, gas, atau produk hidrokarbon lainnya dari lokasi pengeboran atau fasilitas eksplorasi di lepas pantai ke fasilitas di daratan. Pipa-pipa ini diletakkan di dasar laut atau seabed untuk menghubungkan sumber daya hidrokarbon yang terletak di bawah laut dengan instalasi di daratan. Offshore Pipeline memiliki peran penting dalam industri perminyakan dan gas karena memungkinkan transportasi efisien dari sumber daya hidrokarbon yang berada di lokasi terpencil di lepas pantai ke fasilitas pemrosesan dan penyimpanan di daratan. Proyek-proyek ini membutuhkan perencanaan dan teknologi canggih serta pemeliharaan rutin untuk memastikan pipa beroperasi dengan aman dan optimal.
NDE (Non Destructive Examination) merupakan sebuah teknik pengujian tak merusak yang berfungsi untuk mendeteksi cacat atau ketidaksesuaian pada material, komponen, atau struktur tanpa merusak objek yang diperiksa. Terdapat berbagai macam metode NDE, yaitu Penetrant Test (PT), Magnetic Particle Testing (MT), Radiographic Testing (RT) dan Ultrasonic Testing (UT). Dewasa ini juga terdapat berbagai macam Advanced NDE seperti Alternating Current Field Measurement (ACFM), Eddy Current, Phased Array Ultrasonic Testing (PAUT), dan berbagai macam lainnya.
Pengujian untuk mengukur jumlah pemakaian bahan bakar mesin kapal dalam satu jam atau periode waktu tertentu yang dilakukan pada beberapa tingkat kondisi beban mesiin. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan dan memantau penggunaan bahan bakar dalam rangka meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional. Efisiensi bahan bakar merupakan hal yang sangat penting dalam pengoperasian kapal dimana biaya bahan bakar dapat menyumbang hingga 50% dari total biaya operasional kapal. Dengan melakukan pengujian pemakaian bahan bakar secara berkala, pemilik kapal dapat memantau dan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar, sehingga meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional secara signifikan.
Verified Gross Mass (VGM) berat kotor yang telah diverifikasi dari suatu kontainer yang diisi dengan kargo yang akan dikirimkan melalui kapal. VGM harus disediakan oleh pengirim atau agen pengirim sebelum kapal memuat kontainer tersebut untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO) dalam amendemen SOLAS (Safety of Life at Sea) yang mulai berlaku pada 1 Juli 2016. Tujuan dari persyaratan VGM adalah untuk meningkatkan keselamatan kapal dan pelabuhan dengan memastikan bahwa berat kapal tidak melebihi batas keamanan dan stabilitas yang ditetapkan. Kapal yang kelebihan muatan dapat menyebabkan kecelakaan kapal, kerusakan pada muatan, dan bahkan ancaman bagi keselamatan awak kapal.